Sabtu, 29 Mei 2010

Brasil Potong Pajak Bir

Jadwal Piala Dunia, Menyambut Piala Dunia Afrika Selatan, pemerintah Brasil tidak hanya mengirimkan tim nasionalnya, tetapi juga memotong pajak bir. Apa hubungannya?

Jadwal Piala Dunia 2010 Tentu saja ada hubungannya. Di negara gila sepak bola itu, bir sangat diminati masyarakat Brasil sebagai teman menonton bola. Saking diminatinya, pabrik bir di Brasil memperingatkan pemerintah Brasil bahwa mereka tidak akan sanggup memenuhi permintaan konsumen Brasil pada Piala Dunia nanti.

Dampaknya, pengusaha bir setempat negara peraih Piala Dunia terbanyak itu, terpaksa harus mengimpor bir dari luar negara mereka. Pajak bir yang tinggi tentunya akan menghalangi pengusaha bir Brasil untuk mengimport bir dari luar negeri. Setelah melalui proses lobi yang panjang, pihak pemerintah Brasil pun akhirnya menyetujui pengurangan pajak bir dari 16 persen menjadi 2 persen selama Juni nanti.

"Pihak industri bir setempat telah mengajukan surat ketidakmampuan mereka untuk memenuhi permintaan pasar bir di Brasil pada pemerintah. Oleh karena itu mereka mengirimkan surat izin untuk melakukan impor," ujar Anamelia Seyffarth, pejabat Kamar Dagang Brasil, saat mengumumkan pemotongan pajak.

Tidak hanya memotong pajak, pemerintah mengebulkan izin yang diajukan oleh para pekerja Brasil, terutama yang bekerja di sektor perbankan, untuk pulang lebih awal dari jadwal kerja yang seharusnya. Semua itu mereka lakukan agar bisa menonton tim kesayangannya berlaga di Piala Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar