Jumat, 09 Juli 2010

Belanda Tak Takut Kekuatan Spanyol

Prediksi Belanda vs Spanyol, Sepanjang meniti jalan ke partai puncak Piala Dunia Afrika Selatan, Belanda tampil tanpa kekalahan satupun. Di babak 16 besar Belanda mengakhiri perlawanan alot tim debutan Slovakia 2-1.

Belanda vs Spanyol, Di perempatfinal Belanda membungkam juara lima kali Brasil 3-1. Dua gol dipersembahkan Wesley Sneijder, gelandang terproduktif hingga saat ini. Di babak semifinal giliran gol penyerang Bayern Muenchen Arjen Robben yang menentukan kemenangan De Oranje atas Uruguay 3-2 sekaligus lolos ke final.

Di final Belanda akan menghadapi Spanyol yang sama-sama bertekad meraih piala dunia pertamanya di Afsel. Terbilang lambat panas akibat kalah di laga perdana kontra Swiss 0-1, Spanyol membayarnya dengan lolos ke 16 besar sebagai juara grup H. David Villa dan kawan-kawan menyingkirkan Portugal 1-0.

Pada babak perempat final giliran wakil Amerika Selatan Paraguay yang dipulangkan Spanyol 1-0. Adalah Villa, top skor sementara saat ini yang lagi-lagi sukses menceploskan bola jabulani. Di semi final Spanyol sukses menghentikan tim favorit juara Jerman lewat gol Carles Puyol yang sekaligus meloloskannya ke final. Pemenang laga puncak Belanda-Spanyol ini, praktis akan menghasilkan juara baru sepanjang sejarah piala dunia.

Di tengah persiapan melakoni laga final, pelatih Belanda Bert Van Marwijk tak takut akan kekuatan Spanyol yang kian impresif mengandaskan lawan-sekelas Jerman atau Portugal. Pasalnya Robin Van Persie dan kawan-kawan siap bahu membahu mengatasi tekanan La Furia Roha. Terlebih filosofi menyerang ala Barcelona yang disuguhkan tujuh starternya, seperti bomber subur David Villa dan pengatur serangan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Satu hal yang dikuatirkannya adalah kondisi kiper Martin Stekelenburg pascacedera di laga terakhir melawan Uruguay. Ia pun harus menyiapkan skenario kiper kedua Michel Vorm meski belum tampil sekalipun di Afsel.

Optimisme senada juga datang dari kubu Spanyol dan tak kuatir dengan produktivitas 12 gol lawan. Mereka mewaspadai lini tengah, seperti Wesley Sneijder yang justru menyamai raihan lima gol David Villa.

Sementara itu, striker Fernando Torres sendiri masih harus menunggu apakah ia akan diturunkan sebagai starter. Yang pasti Spanyol siap mengantisipasi permainan cepat Belanda. Carles Puyol, pemain palang yang menghantarkan Spanyol ke final, mearsa yakin timnya dapat mencetak sejarah.(IAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar